Langsung ke konten utama

Tugas Sistem Politik Indonesia



PANITIA UJIAN AKHIR  SEMESTER GANJIL
TAHUN AKADEMIK  2012/2013
UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE (UNIROW) TUBAN
 

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP)
 
            Mata Kuliah                                       :   Sistem Politik Indonesia
Angkatan/ Semester                          :   2011 / III
            Hari/ Tanggal                                    :   Minggu,  10 Februari 2013
            Waktu                                                            :   90 Menit
            Dosen  Pengampu                              :   Drs. Amirul Mustofa, M.Si


Kerjakan soal di bawah ini dengan teliti dan cermat  !

PAPER / MAKALAH
Dikumpulkan paling lambat 1 minggu setelah ujian  jam 12.00 WIB di TU
    

Pada semester awal  tahun 1997, arus demokratisasi politik yang berkembang di negara – negara yang menganut faham liberal menjadi panutan dari para politisi Indonesia. Karena itu agenda ini menjadi agenda politik di Indonesia. Sehubungan dengan itu sistem politik berubah dan mengarah pada sistem politik yang cenderung sama dengan sistem politik di negara liberal. Namun demikian dalam perjalanan sejarah hingga kini demokrasi yang diagendakan tersebut, kinerja yang dihasilkan belum mampu untuk manyamai demokrasi yang berkembang sebagaimana pada zaman Orde Baru. Para politisi yang “gethol” memperjuangkan nilai – nilai politik yang demokratis,  kenyataannya hanya untuk memenuhi  kebutuhan pribadinya, sehingga menyebabkan sistem politik yang direncanakan belum sesuai dengan harapan reformasi.   
Sehubungan dengan kondisi yang demikian, saudara yang telah menempuh kuliah SPI, diminta untuk membuat paper/makalah tentang analisis sistem politik Indonesia dengan ketentuan:
  1. tema / judul ditentukan sendiri (skala bisa nasional atau lokal)
  2. susunan paper minimal terdiri dari: a. latar belakang; b. kerangka pemikiran atau kerangka teori; c. analisis tentang fenomena /data/informasi yang disesuaikan dengan tema/judul paper, dan d. rumusan kesimpulan.
  3. Paper harus dikerjakan sendiri. (bila ada yang sama maka yang sama dianggap tidak mengerjakan atau diberi nilai 0)
  4. Paper diketik dengan huruf standar (arial 12), spasi 1,5












----------------SELAMAT MENGERJAKAN------------------


Komentar

  1. Nek pasaku, seng standart iku Times New Roman 12 pt, spasi 1,5. Nek pake standart arial itu 11 pt. haha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Pak Suji

MENGELOLA KONFLIK DALAM ORGANISASI Oleh : SUJI, M.Si. •          Organisasi sebagai suatu sistem terdiri dari komponen-komponen (subsistem) yang saling berkaitan atau saling tergantung (interdependence) satu sama lain dan dalam proses kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu (Kast dan Rosenzweigh, 1974). Sub-subsistem yang saling tergantung itu adalah tujuan dan nilai-nilai (goals and values subsystem), teknikal (technical subsystem), manajerial (managerial subsystem), psikososial (psychosocial subsystem), dan subsistem struktur (structural subsystem). Definisi Konflik •          ... disagreement between individuals or groups within the organization stemming from the need to share scarce resources or engage in interdependent work activities, or from differences in status, goals, or cultures (Stoner dan Freeman, 1989:391). •          … the condition of objective incompatibility between values or goals, as the bahavior of deliberately interfering with another’s goal ach

Perekonomian di Indonesia tahun 2011/2012

Kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2011 diperkirakan oleh banyak pihak sebagai lebih baik daripada beberapa tahun sebelumnya. E conomic outlook yang optimistik dikeluarkan oleh Pemerintah, Bank Indonesia, para ekonom, serta lembaga internasional. Optimisme itu bersumber dari pencapaian indikator makroekonomi tahun 2010 yang sedikit melebihi harapan, disertai prediksi kondisi perekonomian dunia yang diyakini akan semakin membaik, setelah dua tahun sebelumnya terpukul oleh krisis keuangan di beberapa Negara maju. Kondisi perekonomian Indonesia pada tahun 2010 secara umum memang melebihi harapan otoritas ekonomi, jika dilihat dari economic outlook yang disampaikan setahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi mencapai 6,1%, lebih tinggi dari pertumbuhan tahun 2009 yang hanya mencapai 4,6%. Lebih tinggi pula daripada asumsi APBN 2010 dan APBN-P yang metargetkan di bawah 6%. Peningkatan pun dinilai berdukungan sumber pertumbuhan yang makin berimbang, diantaranya tercermin pa